gadget

Beragam Laptop ASUS dengan Teknologi AI di Computex 2024

×

Beragam Laptop ASUS dengan Teknologi AI di Computex 2024

Sebarkan artikel ini


Masih dari Computex 2024, Taipei, Asus memperkenalkan banyak seri laptop di Computex kali ini. Tahun ini, ASUS memperkenalkan jajaran baru di seri ProArt, seperti ProArt P16, laptop konvertibel ProArt PX13, dan ProArt PZ13 yang dapat dilepas.

ASUS ProArt P Series

ProArt P16 dan PX13 dilengkapi Prosesor AMD Ryzen AI 300 Series dan GPU laptop NVIDIA GeForce RTX 40 Series. Meski berperforma tinggi, perangkat ini tetap ramping, ringan, dan tahan lama berkelas militer. Ada juga ProArt Creator Hub dan fitur baru berbasis AI seperti StoryCube dan MuseTree. ProArt P16, ditenagai prosesor AMD Ryzen AI HX 370 dan GPU NVIDIA GeForce RTX 4070, dengan bodi clamshell Nano Black seberat 1,8 kg. Dilengkapi dengan layar 4K ASUS Lumina OLED dan ASUS Dialpad. Laptop ini dilengkapi berbagai port I/O dan touchpad ekstra besar, sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Sedangkan laptop konvertibel ProArt PX13 bisa digunakan dengan berbagai mode laptop, tenda, dudukan, atau tablet dengan dukungan stylus. Produk ini dilengkapi layar sentuh 3K ASUS Lumina OLED, prosesor AMD Ryzen AI 9 HX 370 dengan GPU Laptop NVIDIA GeForce GTX 4070, dan ASUS DialPad. Dengan berat 1,38 kg dan ketebalan 15,8 mm, perangkat ini menawarkan ketangguhan kelas militer dan baterai 73 Wh yang tahan lama, cocok untuk kreativitas portabel yang bisa dengan mudah  dibawa-bawa.

Ada juga ProArt PZ13 yang dapat dilepas menawarkan portabilitas dan kinerja yang lebih fleksibel. Dengan berat hanya 0,85 kg, perangkat ini dilengkapi layar 3K ASUS Lumina OLED dan dapat berfungsi sebagai tablet atau laptop dengan keyboard yang dapat dilepas. Didukung oleh prosesor Snapdragon Seri X dari Qualcomm, memiliki sertifikasi standar militer AS MIL-STD-810H untuk ketahanan dan IP52 untuk ketahanan air dan debu. Sedangkan baterainya berkapasitas 70 Wh. 

ASUS Zenbook S Series

Seri laptop lainnya yang diperkenalkan Asus adalah seri Asus Zenbook. Di seri ini ada ASUS Zenbook S 16 (UM5606WA) yang memiliki desain ramping serta ringan dengan ketebalan 1,1 cm dan berat 1,5 kg. Bodinya yang seluruhnya terbuat dari bahan logam Ceraluminum. Tersedia dalam warna Scandinavian White dan Zumaia Grey.

Disisi hardware, ASUS Zenbook S 16 didukung oleh prosesor AMD Ryzen AI 9 HX 370 dengan 50 TOPS. Panel layarnya 3K 16 inci dengan refresh 120 Hz, bezel NanoEdge, dan rasio layar ke bodi hingga 90% serta dilengkapi dengan sistem audio enam speaker Dolby Atmos. Fitur privasi mencakup kunci sandi Windows, prosesor keamanan Microsoft Pluton, dan kamera IR untuk login faceunlock. Disisi atas layar terdapat kamera FHD AiSense IR yang mendukung efek AI. Touchpad-nya 40% lebih besar dengan dukungan smart gesture untuk memudahkan penggunaan. Untuk dayanya dibekali baterai 78 Wh yang diklaim bisa tahan lebih lama, dan juga dilengkapi rangkaian port I/O, seperti dua USB4 Type-C, USB 3.2 Type-A, HDMI, jack audio, dan SD card reader. Zenbook S 16 juga menawarkan SSD PCIe® 4.0 x4 hingga 2 TB dan RAM LPDDR5x hingga 32 GB. ASUS mengumumkan akan meluncurkan model baru Zenbook S 14 pada paruh kedua tahun 2024.

ASUS Vivobook S Series

Untuk Seri Vivobook, ASUS Vivobook memperkenalkan Vivobook S 15 (S5507), PC AI Copilot+ pertama dari Asus. Laptop ini dilengkapi layar ASUS Lumina OLED 3K 120 Hz 15,6 inci, punya bodi ramping berbahan logam dengan ketebalan 1,47 cm dan berat 1,42 kg. Vivobook S 15 menawarkan ketahanan pakai baterai hingga 18 jam dan punya touchpad ultra-besar yang mendukung smart gesture, WiFi 7, dan keyboard RGB zona dengan tombol Copilot khusus untuk bantuan AI instan.

Model lain di seri ini ada ASUS Vivobook S 14 (M5406), S 15 (M5506), dan S 16 (M5606), yang telah didesain ulang untuk tahun 2024 menjadi lebih ramping dan ringan. Model ini memiliki bodi yang seluruhnya terbuat dari logam, dengan ketebalan mulai dari 1,39 cm dan berat 1,3 kg. Dapur pacunya ditenagai dengan prosesor AMD Ryzen AI 9 HX 370 dengan 50 TOPS, grafis AMD Radeon, memori LPDDR5X hingga 32 GB, dan SSD PCIe 4.0 hingga 1 TB. Sistem pendingin ASUS IceCool dengan kipas IceBlade juga ditingkatkan, dan ventilasi udara memastikan manajemen termal yang efisien untuk  mempertahankan TDP maksimum 45 W.

ASUS ExpertBook P5

Seri Laptop atau PC AI ASUS untuk produktivitas dan kinerja yang lebih tinggi, ASUS memperkenalkan ExpertBook P5 (P5405). Seri Expert P ini sepertinya dirancang untuk kalangan wirausaha, prosumer, dan kantor rumahan, ASUS memperkenalkan fitur-fitur seperti AI percakapan, pencarian semantik, dan AI Voiceprint untuk noise cancelation dan pembuatan konten. 

Jeroannya dibekali prosesor Intel Core Ultra (dengan kode ‘Lunar Lake’) dengan 45+ TOPS NPU. Laptop ini mengutamakan daya tahan, keamanan, dengan fitur-fitur seperti  Secured-core Windows 11 dan keamanan BIOS tingkat berbayar. Bodi aluminium dibuat dengan presisi namun kuat, yang memadukan keanggunan dan performa tinggi dengan mulus. Layarnya sendiri berukuran 14 inci dengan bodi rasio 16:10 2,5K. Info lebih lanjut laptop ini akan tersedia di quartal ke-3 Tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *