gadget

Bluetooth Tracker Banyak Disalahgunakan, Apple dan Google Bikin Standarisasi

×

Bluetooth Tracker Banyak Disalahgunakan, Apple dan Google Bikin Standarisasi

Sebarkan artikel ini


Apple dan Google bekerjasama mengembangkan standar industri baru bernama “Detecting Unwanted Location Trackers.” Standar ini dikembangkan untuk bisa memberi tahu pengguna jika mereka sedang dilacak oleh perangkat Bluetooth yang tidak dikenal.

Apple Air Tag Bluetooth Tracker - Google Apple

Fitur ini akan memberikan peringatan kepada pengguna iOS dan Android jika perangkat Bluetooth yang tidak dikenal bergerak bersama mereka selama periode waktu tertentu. Fitur peringatan ini nantinya akan  mulai tersedia di iOS 17.5 dan perangkat Android 6.0 ke atas.

Kemitraan antara Apple dan Google untuk menangani masalah ini diumumkan pada Mei tahun lalu, didukung oleh perusahaan pembuat perangkat bluetooth tracker lain seperti Samsung dan Tile. Sementara itu beberapa perusahaan seperti Chipolo, Eufy, Jio, Motorola, dan Pebblebee telah berkomitmen untuk membuat tag Bluetooth mereka sesuai dengan standar baru ini.

Penyalahgunaan Perangkat Bluetooth Tracker

Setelah Apple mulai menjual AirTags tiga tahun lalu, muncul laporan tentang penggunaan perangkat ini untuk melacak orang dan mencuri mobil. Menanggulangi hal itu, Apple segera mulai bekerja untuk membuat AirTags lebih sulit digunakan oleh pelaku jahat dan terus memperbaiki pendekatan ini seiring waktu.

Baca Juga: Google Pamer Fitur Kamera AI Baru, Identifikasi Objek Real-Time dengan Suara (jagatreview.com)

Kemudian pada akhir 2021, Apple merilis aplikasi Android untuk membantu orang menemukan AirTag yang mungkin ditanam pada mereka. Karena hal ini tidak main-main bagi Apple. Apple sempat menghadapi tantangan hukum terkait masalah pelacakan AirTag, termasuk gugatan class-action yang tidak berhasil mereka batalkan pada Maret lalu.

Peluncuran fitur peringatan baru ini hadir, bersamaan  dengan rumor bahwa Google sedang mengembangkan pelacak Bluetooth-nya sendiri. Kemungkinan Google akan meluncurkan Bluetooth tracker mereka di event konferensi Google I/O.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *