gadget

Bocoran Chipset Tensor G4, Bakal Dipakai di Google Pixel 9

×

Bocoran Chipset Tensor G4, Bakal Dipakai di Google Pixel 9

Sebarkan artikel ini


Ponsel generasi berikutnya dari Google yakni Pixel 9 Series diketahui bakal memakai chipset Tensor G4. Nah, baru-baru ini beredar bocoran soal spesifikasi dari chipset tersebut beserta dengan hasil benchmark-nya. Seberapa kencang dibandingkan dengan Tensor G3?

Bocoran Soal Chipset Tensor G4, Bakal Dipakai di Google Pixel 9

Melansir dari Android Police, Tensor G4 terungkap bakal memiliki konfigurasi octa-core CPU. Itu terdiri dari 1x Cortex-X4 dengan clockspeed 3.1 GHz, 3x Cortex-A720 yang memiliki clockspeed 2.6 GHz, serta 4x Cortex-A520 dengan clockspeed 1.95 GHz.

Chipset Tensor G4 tersebut bakal menjadi dapur pacu utama untuk ketiga model Pixel 9 Series. Ya, lini ponsel dari Google tersebut kini akan memiliki tiga model. Selain Pixel 9 (Tokay) dan Pixel 9 Pro (Caiman), bakal ada juga Pixel 9 Pro XL (Komodo).

Google Tensor G4 vs Tensor G3

Dari hasil benchmark AnTuTu untuk Tensor G4 dilaporkan Pixel 9 mendapatkan skor 1.071.616 poin, Pixel 9 Pro dengan skor 1.148.452 poin, sedangkan Pixel 9 Pro XL punya skor 1.176.410 poin. Angka tersebut hanya meningkat sedikit bila dibandingkan Tensor G3.

Google Pixel 8a

Untuk diketahui, Pixel 8 dengan Tensor G3 generasi sebelumnya memiliki skor AnTuTu sekitar 900.000-an poin. Kendati demikian, harus diakui ini merupakan skor benchmark awal dan tidak menutup kemungkinan bakal lebih baik ketika Pixel 9 rilis akhir tahun nanti.

Google sendiri diketahui masih menggunakan jasa Samsung Foundry untuk memproduksi chipset Tensor G4 mereka. Namun, untuk Tensor G5 pada 2025 mendatang dilaporkan Google bakal beralih ke TSMC dengan rancangan chipset yang mereka buat sendiri dari awal.

Diprediksi lompatan besar bakal terjadi pada Tensor G5 nanti yang akan menjadi dapur pacu utama untuk Pixel 10 Series. Untuk sementara, Google masih bertahan dengan Samsung Foundry untuk Tensor G4 yang sebagian besar berbasis teknologi dari Exynos.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *