gadget

Google Kenalkan Fitur Private Space di Android 15

×

Google Kenalkan Fitur Private Space di Android 15

Sebarkan artikel ini


Google mengumumkan cukup banyak hal baru di ajang Google I/O 2024 kemarin. Salah satunya adalah kehadiran Android 15 yang bakal mendapatkan beragam fitur anyar termasuk Private Space yang akan tersedia secara built-in.

Google Kenalkan Fitur Private Space di Android 15

Sesuai namanya, fitur Private Space tersebut berfungsi untuk menyembunyikan aplikasi atau file-file rahasia di ponsel Android kalian. Dikunci dengan password tambahan, ini akan membuat orang lain tanpa akses jadi tidak bisa melihat apa yang kalian sembunyikan.

Sejatinya fitur semacam ini sudah ada sejak lama lewat kustom UI dari para produsen smartphone, misalnya saja Samsung dengan fitur yang dinamai Secure Folder. Kendati demikian, kini Google ingin mengintegrasikannya secara built-in pada Android 15 mendatang.

Melansir dari Android Authority, aplikasi yang disembunyikan dengan fitur Private Space di Android 15 akan benar-benar menghilangkan “keberadaannya”. Itu termasuk semua pengaturannya, statistik penggunaan, hingga notifikasi.

Fitur keamanan lainnya yang juga bakal hadir di Android 15 mendatang adalah Theft Detection Lock. Fitur tersebut berfungsi untuk membantu melindungi data pengguna dengan menguncinya saat smartphone mereka dicuri atau lebih tepatnya dijambret.

Android 15 sendiri saat ini masih dalam tahap Beta. Versi stabil dari sistem operasi milik Google tersebut dijadwalkan bakal meluncur pada akhir tahun ini. Namun, tentunya akan butuh waktu sampai Android 15 hadir ke banyak pengguna lewat update OS dari para produsen smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *