gadget

Google Permak Circle-to-Search dan Gemini, Jadi Makin Canggih!

×

Google Permak Circle-to-Search dan Gemini, Jadi Makin Canggih!

Sebarkan artikel ini


Di ajang Google I/O 2024, Google mengumumkan kemampuan baru untuk fitur AI mereka, termasuk fitur Circle-to-Search dan juga model bahasa besar mereka yaitu Gemini. Peningkatan ini akan membawa pengalaman yang jauh lebih baik bagi pengguna. Apa saja peningkatan tersebut?

Google Circle to Search dan Gemini

Circle-to-Search Bisa Pecahkan Soal Rumit

Tidak cuma bisa mengenali objek yang dilingkari, nantinya Circle-To-Search bahkan bisa menyelesaikan pertanyaan yang sulit seperti soal matematika dan Fisika.

Ya, mungkin fitur ini nantinya bakal sangat membantu bagi siswa untuk belajar di rumah. Cukup mengelilingi prompt yang mereka kesulitan, dan mereka akan menerima instruksi langkah demi langkah untuk menyelesaikan berbagai masalah fisika dan matematika tanpa meninggalkan lembar informasi digital atau silabus mereka.

Google menyebutkan kalau Circle-to-Search tahun ini akan ditingkatkan kemampuannya, untuk bisa  membantu menyelesaikan masalah yang lebih kompleks. Termasuk rumus simbolis, diagram, dan grafik, didukung oleh LearnLM, dimana ini adalah upaya Google untuk meningkatkan produk dan model pembelajarannya.

Fitur Circle to Search sendiri saat ini sudah  tersedia di lebih dari 100 juta perangkat saat ini, yaitu dari produk Samsung Galaxy dan Google Pixel. Dan akan tersedia di 100 juta perangkat lagi pada akhir tahun ini. Sayangnya tidak disebutkan apakah akan tersedia di model smartphone Android lain selain dari Google dan Samsung.

Peningkatan di Gemini Android

Google juga mengumumkan akan menghadirkan peningkatan pada aplikasi Gemini di Android. Aplikasi Gemini nantinya akan segera memahami aplikasi apa yang sedang dipakai oleh pengguna beserta aktivitas di dalamnya, untuk memberikan bantuan yang lebih relevan.

Misalnya, saat menonton video YouTube, pengguna bisa bertanya kepada Gemini tentang video tersebut. Gemini juga akan memungkinkan pengguna melakukan Drag & Drop file seperti gambar untuk dimasukan ke aplikasi seperti  Gmail, Google Messages, dan tempat lainnya.

Sementara itu untuk pengguna Gemini Advanced, bisa mendapatkan ringkasan tentang isi file dokumen seperti PDF, tanpa harus menggulir melalui banyak halaman. Fitur ini akan diluncurkan ke “ratusan juta perangkat” dalam beberapa bulan mendatang.

Lalu untuk Gemini Nano, model bahasa paling sederhana, juga akan mendapatkan peningkatan fitur. Tidak hanya memproses input teks, tetapi juga memahami konteks informasi seperti pemandangan, suara, dan bahasa lisan. Ini akan hadir di beberapa perangkat Google Pixel tahun ini.

Kemampuan multimodal Gemini Nano juga akan datang ke fitur TalkBack di OS Android, untuk membantu para disabilitas. Misalnya untuk membantu orang buta atau dengan penglihatan rendah untuk mendapatkan deskripsi yang lebih kaya dan jelas tentang apa yang ada di layar. Deskripsi ini dilakukan dengan cepat dan bekerja bahkan tanpa koneksi jaringan.

Google juga menguji fitur baru yang menggunakan Gemini Nano untuk memberikan peringatan real-time selama panggilan jika mendeteksi pola percakapan yang sering dikaitkan dengan penipuan. Misalnya saat ada aktivitas scam dengan permintaan mendesak dari orang yang mengaku dari karyawan Bank, untuk mentransfer dana. Pengguna akan mendapatkan notifikasi untuk berhati-hati.

Baca Juga: Google Umumkan Ask Photos, Bisa Cari Foto/Video di Gallery dengan Mudah (jagatreview.com)

Perlindungan ini terjadi di perangkat (On-Device), jadi pengguna tidak perlu khawatir percakapan mereka diproses secara online, sehingga keamanan bisa lebih terjamin.

Google menjanjikan fitur-fitur ini akan hadir segera tahun ini. Mungkin bisa kita pastikan, ini akan menjadi update besar di sistem operasi terbaru mereka yaitu Android 15, yang masih sama-sama kita tunggu!

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *