gadget

Google Umumkan Ask Photos, Bisa Cari Foto/Video di Gallery dengan Mudah

×

Google Umumkan Ask Photos, Bisa Cari Foto/Video di Gallery dengan Mudah

Sebarkan artikel ini


Google memperkenalkan fitur eksperimental bernama Ask Photos di Google I/O, yang kabarnya bakal segera diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang. Ask Photos akan memudahkan pengguna menemukan foto atau video tertentu tanpa perlu capek scrolling, cukup dengan menggunakan bahasa alami.

Google Ask Photos

Misalnya kita ingin mau mencari file di galeri Photos dengan perintah “tunjukkan foto terbaik dari setiap taman nasional yang pernah saya kunjungi”. Nah, fitur ini akan menampilkan foto dan video yang dimaksud.

Ask Photos juga dapat memberikan informasi tentang kehidupan pengguna, seperti tempat berkemah tahun lalu atau tanggal kedaluwarsa voucher. Kemampuan canggih ini bisa terwujud berkat model bahasa Gemini yang memahami konteks dan subjek foto.

Baca Juga: Google Pamer Fitur Kamera AI Baru, Identifikasi Objek Real-Time dengan Suara (jagatreview.com)

Ask Photos bisa mengenali tema dari foto, seperti dekorasi ulang tahun, untuk memberikan jawaban yang relevan. Fitur ini membantu membuat semacam highlight dari  perjalanan dengan menyarankan foto mana yang harus disertakan dan menulis keterangan yang dipersonalisasi untuk dibagikan di media sosial. Jika pengguna memberikan koreksi atau informasi tambahan, Ask Photos akan mengingat detail tersebut untuk masa depan.

Hmm, lalu bagaimana dengan keamanan privasi pengguna? Sepertinya Google jadi telalu banyak tahu ya tentang hal-hal privasi pengguna.

Ask Photos Berbahaya Buat Privasi Pengguna?

Nah, Google mengklaim percakapan dan data pribadi pengguna di Ask Photos tidak akan ditinjau oleh orang kecuali dalam kasus langka untuk menangani penyalahgunaan atau bahaya. Selain itu, data pribadi yang digunakan di Ask Photos tidak akan digunakan untuk melatih produk AI generatif lainnya di luar Google Photos, termasuk model dan produk Gemini lainnya.

Tapi ya, tentunya kita sebagai pengguna sebaiknya memang lebih baik menjaga agar data yang benar-benar privasi, tidak begitu saja diunggah ke penyimpanan cloud seperti ini, jika ingin benar-benar aman.

Sudah banyak bukan kasus file-file di penyimpanan Cloud yang bocor oleh pihak tak bertanggung jawab?

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *