gadget

HP Gaming Terbaik Infinix 2024

×

HP Gaming Terbaik Infinix 2024

Sebarkan artikel ini


Infinix GT 20 Pro

Infinix menyala abangku, ini reaksi tim kami ketika mencoba smartphone Infinix yang satu ini. Akhirnya Infinix mulai menggunakan SoC Mediatek yang lebih mantap ketimbang pendahulunya. Infinix GT 20 Pro ini pakai SoC Dimensity 8200 Ultimate, gaming serba rata kanan, tidak hanya untuk E-Sports, tapi game berat lain juga lancar. RAM up to 12GB, Storage 256GB, Dual Speaker tuned by JBL, punya Bypass Charging, dan desainnya nyentrik khas hp gaming.

Di atas kertas, spesifikasi yang ditawarkan terbilang sangat menarik, tapi bagaimana real world performance nya? Apakah sesuai ekspektasi kita semua untuk hp 4 jutaan?

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 1

Simak reviewnya kali ini.

Infinix GT 20 Pro ini merupakan penerus dari Infinix GT 10 Pro yang sudah pernah kita bahas tahun lalu. GT Series ini hadir sebagai lini smartphone dari Infinix yang punya performa tinggi dengan harga yang terjangkau. Tahun lalu GT 10 Pro adalah smartphone paling terjangkau yang menggunakan Dimensity 8050. Dan kali ini, bisa kami bilang, GT 20 Pro juga merupakan smartphone paling murah yang menggunakan Dimensity 8200, biasanya kita baru ketemu SoC sekencang ini di smartphone kelas 6-9 Juta.

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 2

Tapi apa iya cuma performa yang jadi andalan smartphone ini? Kita mulai bahas dari isi box nya dulu ya.

Paket Penjualan 

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 4

Sedikit apresiasi untuk Infinix terkait desain boxnya. Kami biasanya tidak terlalu membahas pengalaman unboxing, tapi untuk kali ini, bisa kami bilang pengalaman unboxingnya termasuk yang wah, berasa spesial aja jadinya.

Pertama ada box kecil berisi hardcase dengan desain yang cukup ramai. Untuk warna case, meskipun unitnya warna silver, case yang akan kita dapat tetap warna gelap seperti ini. Lalu kita juga dapat Tempered Glass, tapi memang kita harus pasang sendiri ya. Kemudian ada dokumen dan sim ejector.

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 5

Lalu di bawahnya ada unit smartphonenya.Kemudian tentu saja ada chargernya!  Ini adalah charger daya 45W. Lalu ada kabel Type-C dengan bentuk L. Ini ditujukan supaya saat gaming sambil ngecharge, kabelnya tidak mengganggu tangan saat megang smartphonenya.

Jadi tidak hanya boxnya yang menarik tapi isinya juga terbilang cukup lengkap.

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 6

Kebetulan kami juga dapat paket exclusive dari Infinix yang isinya ada Acrylic model-model ambassador Infinix Indonesia, lalu di laci pertama ada flyer produk dan TWS XBuds 3 GT. Di laci kedua ada kartu foto ambassador sekaligus tanda tangan mereka. Lalu di laci ketiga ada box Infinix GT 20 pro, dan ada satu box lagi yang berisi GT Mecha Case, GT Cooling Fan, dan GT Finger Sleeves.

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 7

Paket yang satu ini bukan untuk konsumen umum ya, memang ditujukan untuk influencer atau partner-partnernya Infinix saja.

Desain Infinix GT 20 Pro

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 8

Infinix menyebut desainnya ini sebagai 3D Mecha Design Texture. Untuk varian warna ada Mecha Orange, Mecha Blue, dan Mecha Silver.

Desainnya khas hp gaming yang nyentrik dan tentu saja dilengkapi dengan lampu RGB yang bisa kita atur sesuai kebutuhan. Bisa untuk notifikasi, bisa untuk penanda sedang charging, tapi untuk charging sayangnya led nya ini bukan sebagai indikator baterainya.

Di sini juga ada opsi Party Mode supaya lampunya ini bisa menyala non stop, tapi ini akan membuat baterai jadi lebih boros. Soal desainnya ini memang tidak untuk semua orang ya, ada yang akan suka karena terlihat gaming banget. Ada yang akan kurang suka karena terlalu ramai. Gak ada yang salah kok.

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 9
  • Dimensi: 164.3 x 75.4 x 8.2 mm 
  • Berat: 194g

Meskipun bodinya terlihat besar, tapi ternyata tidak terlalu tebal dan berat, padahal baterainya 5000 mah.

Bodinya sendiri sudah tersertifikasi IP Rating IP54, jadi kalau kena hujan tipis-tipis masih aman, tapi bukan untuk ditenggelamkan ya, apalagi untuk dibawa berenang.

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 10

Sisi-Sisi Smartphone 

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 11 Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 12 Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 13 Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 14

Sisi Kanan: tombol power, tombol volume up/down

Sisi Atas: Microphone, IR Blaster, wih tumben nih di smartphone Infinix ada IR Blaster, asik nih untuk alternatif remote.

Lanjut di sebelah IR Blaster ada grill speaker stereo bagian atas.

Sisi Kiri: Kosong

Sisi Bawah: SIM Tray DUAL SIM tanpa slot MicroSD,

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 15

Lalu di sebelah slot SIM ada microphone, USB-C, grill speaker stereo bagian bawah. Jadi terlihat speakernya ada dua ya, dan ada tertulis juga Sound by JBL. Ini bukan berarti hardware speakernya dari JBL ya, ini artinya tim JBL bekerja sama dengan Infinix untuk meracik suara speakernya. Setelah kami coba kualitas suaranya sendiri sekedar oke aja untuk standard hp 4 jutaan. Komplain kami hanya sedikit kurang lantang saja, di saat di smartphone lain volume 50-60% sudah cukup, di sini supaya setara mesti di setel di sekitar 80%.

Sisi Depan: Layar 

  • Panel AMOLED 6.78″ 
  • Resolusi FHD+ (1080 x 2436 piksel)
  • Gorilla Glass

Infinix mengklaim kalau brightness nya bisa sampai 1300 nits. Saat kami uji, untuk kondisi indoor maximum brightness nya ada di kisaran 555 nits. Dalam setting layarnya terdapat opsi HBM atau High Brightness Mode. Saat kami aktifkan dan lakukan simulasi outdoor, brightness nya bisa mencapai 1000 nits. Ini sudah terang banget, penggunaan outdoor bukan masalah.

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 16

Terkait warna layar, disini terdapat dua mode warna.  Ada mode Original Color dan Bright Colored. Original Color punya color gamut yang lebih mendekati 100% DCI P3. Lebih tepatnya Coverage di 89.3% DCI P3 dan Volume di 92.9% DCI P3. Sedangkan untuk sRGB Coveragenya di 98.0% sRGB dan 131.2% sRGB.

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 17 Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 18

Untuk Bright Colored Coveragenya di 99.3% DCI P3, dan volume di 123.8% DCI P3. Warna layar terasa jadi super gonjreng dan menurut kami ini lebih pas untuk nonton film atau main game, kalau untuk editing konten setel aja di mode defaultnya yang original color.

Refresh Rate layar ini up to 144Hz dengan kemampuan adaptive dari 60-144Hz. Kami belum mendapatkan info resmi berapa Touch Sampling Ratenya. Tapi yang jelas tidak terasa ada delay yang mengganggu baik untuk tap tap ataupun swipe swipe. Cukup responsif bahkan untuk gaming kompetitif sekalipun.

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 19

Untuk layar sentuhnya ini juga support sampai 10 jari sekaligus ya. Karena AMOLED, di sini juga terdapat fitur Always on Display, tapi sayangnya masih terbatas untuk 10 detik saja. Belum ada pengaturan untuk AoD selalu nyala.

Ngomongin bezel layar, ini sudah terhitung yang sangat tipis dan tergolong simetris untuk seluruh sisinya bahkan dagunya juga sangat tipis. Dari Chris tidak ada komplain, sudah approved lah intinya. Dan yang gak kalah menarik, di sisi layar ini ada In-Display Fingerprint Scanner.

Ada catatan penting dimana kalau pakai tempered glass, ada kemungkinan akurasi dan sensitivitas fingerprintnya akan berbeda. Berhubung kami ada dua unit, yang satu lagi kami tes menggunakan tempered glass. Hasilnya fingerprint harus di register ulang, dan setelah itu fingerprintnya masih bisa bekerja, tapi tetap tidak seakurat kalau tanpa pakai tempered glass.

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 20

Masih ngomongin layar, Infinix menggunakan Dedicated Gaming Display Chip di dalam smartphone ini.

Chip ini merupakan kerja sama khusus dengan Pixelworks, dan dikatakan dengan chip ini bisa menghadirkan fitur Always On HDR, High FPS Gaming, dan Power Consumptionnya dikatakan bisa 37% lebih rendah.

Pada prakteknya, HDR yang dimaksud bisa kita aktifkan lewat panel Game Assistant saat gaming, dan aktifkan fitur HDR dari sana.

Menurut kami ketimbang dynamic range, kami lebih merasa ini seperti lebih meningkatkan kontras pada visualnya saja. Sedangkan High FPS Gaming yang dimaksud, merupakan interpolasi framerate yang membuat game 60 FPS, dalam tanda kutip “akan terasa seperti 120 FPS”.

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 21

Teorinya sih gitu, tapi pada prakteknya menurut kami seperti mirip-mirip saja dengan 60 FPS normal. Dari segi teknis, metode yang dilakukan cukup unik, saat fitur ini aktif entah kenapa Refresh Rate layar akan diturunkan menjadi 40Hz. Saat kami ukur framerate pakai PerfDog, hasilnya juga otomatis jadi 40 FPS. Tapi feelnya memang seperti 60 FPS bahkan lebih.

Jadi apakah beneran bisa berfungsi? Kami bisa bilang iya tapi ada efek sampingnya. Feel mulusnya itu tidak konstan, alias akan ada frame drop tipis-tipis setiap beberapa waktu. Dan efek samping yang paling terasa adalah touch delay. Jadi untuk pengujian game nanti, kami lebih memilih untuk tidak menggunakan fitur-fitur tersebut, kami akan uji seperti biasa saja.

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 22

Lanjut kita ke atas layarnya, terdapat earpiece untuk nelpon, dan Kamera Selfie 32 MP, f/2.2, Fixed Focus

Video Recording up to 2k 30FPS, dan 1080p 60FPS juga sudah didukung.

Untuk LED Flash kamera selfie khas Infinix, sayangnya tidak ada di sini, agak tumben ya.

Beralih Sisi belakang:

Infinix GT 20 Pro Resmi Indonesia 23

Ada modul triple camera + satu LED Flash.

Untuk kameranya terdiri dari:

  • Kamera Utama 108MP, f/1.8, dilengkapi dengan OIS.

Perekaman Video maksimum sampai 4k 60 FPS. Ya kalian gak salah dengar, di 4 Jutaan kita sudah mendapatkan 4k 60 FPS, OIS pula tadi ya. Slow Motion tersedia di resolusi 1080p 120FPS, dan 1080p 240FPS juga bisa. Itu untuk kamera utamanya ya, untuk dua kamera lainnya sayangnya hanya bonus saja. Tidak ada kamera ultra wide atau telephoto di sini. Fitur ekstra ada Portrait Mode, Pro untuk foto, Sky Shop, Dual Video, dan lain-lain, kalian bisa lihat di menu kamera berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *