gadget

iOS 18 Resmi Diumumkan, Ada AI “Apple Intelligence”

×

iOS 18 Resmi Diumumkan, Ada AI “Apple Intelligence”

Sebarkan artikel ini


Dalam event WWDC yang digelar Apple tadi malam, Apple resmi mengumumkan update sistem operasi terbaru mereka yaitu iOS 18. Update terbaru ini akan tersedia tersedia musim gugur ini, dan Apple membawa peningkatan fitur yang cukup signifikan, dengan menghadirkan fitur yang disebut Apple Intelligence. Ini adalah rangkaian fitur-fitur AI yang akan tersedia untuk perangkat iOS, seperti Galaxy AI di perangkat Samsung.

iOS 18

Apple Intelligence

Apple Intelligence adalah fitur-fitur AI yang Fitur AI baru yang personal dan membantu dalam tugas harian, tersedia untuk perangkat dengan chip A17 dan seri M. Disini Apple juga sudah menggunakan pemrosesan AI secara On Device, alias  AI memproses data di perangkat, sehingga menjaga privasi dan diklaim tidak mengumpulkan data pengguna.

Beberapa fitur yang tersedia mulai dari Image Playground. Fitur ini  memungkinkan pembuatan gambar dalam gaya sketsa, ilustrasi, dan animasi, menggunakan data di perangkat. Lalu ada Genmoji, yaitu Emoji generatif yang dibuat berdasarkan gambar seseorang, tersedia dalam berbagai aplikasi.

Berikutnya yaitu Clean Up Tool, ini merupakan Alat AI untuk menghapus orang atau objek yang tidak diinginkan dalam foto. Lalu ada juga Memories, yaitu fitur untuk membuat cerita video dari deskripsi, menggunakan pengenalan bahasa dan gambar.

Untuk produktifitas pengguna, Apple juga sudah menyediakan fitur Transkripsi audio. Pengguna bisa melakukan transkripsi audio di aplikasi Notes dan juga Phone, dimana mereka bisa  merekam, mentranskripsi, dan membuat rangkuman dari audio. Untuk panggilan telepon, partisipan akan diberitahu jika panggilana suara tersebut direkam.

Baca Juga: Paten Engsel Kacamata Muncul, Apple akan Hidupkan Proyek Kacamata Pintarnya? (jagatreview.com)

Siri juga telah mendapatkan peningkatan besar, dengan pemahaman bahasa alami yang lebih baik dan kemampuan untuk mengetik. Siri kini juga bisa mengingat konteks percakapan dan bisa digunakan untuk mengoperasikan aplikasi. Tidak hanya itu,  iOS 18 mengintegrasikan ChatGPT melalui Siri, dimana fitur ini tersedia untuk pelanggan premium ChatGPT.

Fitur-fitur iOS 18 Lainnya

Dari segi antarmuka, iOS 18 juga membawa beberapa peningkatan. Pengguna dapat mengatur ulang layar beranda, mengubah warna ikon aplikasi, dan menyesuaikan Control Center.  Selain itu untuk aplikasi Photos, kini juga hadir dengan desain baru yang cukup signifikan, menampilkan grid dengan Gallery di bawah dan koleksi yang bisa di-pin ke atas.

Sementara itu dari segi sekuritas, pengguna bisa mengunci aplikasi dan memilih kontak yang bisa diakses aplikasi saat berbagi perangkat. iOS 18 juga menyediakan aplikasi pengelola password, sehingga pengguna bisa mengelola kata sandi, passkey, kata sandi Wi-Fi, dan kode verifikasi di satu tempat. Aplikasi ini juga memberikan peringatan tentang kelemahan kata sandi.

Untuk peningkatan dari aspek komunikasi, iOS 18 kini mendukung penjadwalan pesan, format teks (tebal, garis bawah, miring), dan efek teks. Juga mendukung RCS dan pesan satelit dua arah dengan enkripsi end-to-end. Sementara email, iOS 18 kini Menyediakan kategori di perangkat untuk email (Primary, Transactions, Updates, Promotions) dan memberikan ringkasan setiap kategori.

Update lainnya tersedia untuk aplikasi Maps, dimana iOS 18 telah menyediakan peta topografi baru dengan rute hiking yang bisa diakses secara offline. Untuk aplikasi Wallet,  kini tersedia fitur Tap-to-Cash untuk mengirim uang hanya dengan mendekatkan dua iPhone.

Dari segi entertainment, Game Mode  juga ditingkatkan dengan mengurangi aktivitas latar belakang selama sesi bermain dan meningkatkan responsivitas kontroler dan AirPods.

iOS 18 akan tersedia sebagai beta publik pada bulan Juli dan dirilis ke publik pada musim gugur. Versi Beta untuk Developer sudah tersedia untuk sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *