gadget

Samsung Suntik Mati OS Tizen untuk Smartwatch Tahun Depan!

×

Samsung Suntik Mati OS Tizen untuk Smartwatch Tahun Depan!

Sebarkan artikel ini


Samsung sempat menggunakan sistem operasi buatan mereka sendiri yakni Tizen untuk smartwatch mereka, sebelum akhirnya beralih sepenuhnya ke Wear OS dari Google sejak Galaxy Watch 4. Setelah sekian lama tak terdengar kabar terbarunya, Samsung akhirnya bakal menghentikan dukungan untuk OS Tizen di smartwatch mereka pada 2025 mendatang.

Samsung-Tizen-OS-1

Melansir dari Sammobile, penghentian dukungan tersebut akan dilakukan secara bertahap. Itu akan dimulai pada 30 September 2024, ketika Galaxy Store bakal menghentikan penjualan konten seperti aplikasi dan watch face untuk smartwatch ber-OS Tizen. Lalu, mulai 31 Mei 2025 pengguna tidak lagi dapat download konten baru apa pun dari Galaxy Store untuk smartwatch mereka.

Mulai September 2025 mendatang, pengguna tak lagi bisa download ulang konten apa pun yang dibeli sebelumnya di Galaxy Store. Dengan demikian, smartwatch tersebut hanya bisa digunakan “apa adanya” dengan aplikasi yang sudah terinstal karena pengguna tidak lagi dapat download aplikasi baru atau re-download aplikasi yang sudah dibeli sekalipun di Galaxy Store.

Meski begitu, perlu dicatat smartwatch dengan OS Tizen tetap masih berfungsi dan dapat dipakai. Hanya saja, Samsung tidak akan memberikan update OS serta konten-konten baru termasuk watch face dan mungkin perlu hati-hati ketika harus mereset smartwatch, karena tidak bisa download apa pun lagi di Galaxy Store.

Daftar smartwatch Samsung dengan OS Tizen sendiri di antara lain adalah: Galaxy Watch3, Galaxy Watch Active2, Galaxy Watch Active, Galaxy Watch, Gear Sport, Gear S3, Gear Fit2 Pro, Gear Fit2, Gear S2, dan Gear S. Apakah di antara kalian masih ada yang pakai salah satu dari smartwatch tersebut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *