gadget

Telkomsel dan Kominfo Uji Coba Wi-Fi 7 Pertama di Indonesia

×

Telkomsel dan Kominfo Uji Coba Wi-Fi 7 Pertama di Indonesia

Sebarkan artikel ini


Bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo), Telkomsel baru saja resmi menyelesaikan validasi teknologi Wi-Fi 7 pertama di Indonesia.

Ya, ini akan menjadi kemajuan dari pengembangan standar konektivitas Wi-Fi terbaru yaitu Wi-Fi 7 di Indonesia, yang akan menawarkan keunggulan dari berbagai aspek termasuk bandwidth yang lebih tinggi serta latensi yang lebih rendah, serta daya lebih efisien.  Dalam uji coba dengan spesifikasi perangkat jenis Low Power Indoor (LPI), fungsionalitas dan kapabilitas Wi-Fi 7 telah menunjukkan kinerja dan stabilitas yang baik.

Telkomsel Adopsi Teknologi Wi Fi 7 2

Nantinya  teknologi ini bakal melengkapi solusi jaringan internet rumah. Kemungkinan, Telkomsel nantinya akan membawa teknologi ini, ke layanan internet rumahan mereka yang saat ini telah diambil alih dari Telkom, yaitu Indihome. Dengan dukungan Wi-Fi 7, kecepatan maksimal yang bisa ditawarkan yaitu mencapai 10 Gbps.

Baca Juga: Facebook Messenger dapatkan Fitur Communities, Mirip di WhatsApp (jagatreview.com)

Lewat kerjasama dengan Telkomsel tersebut, pemerintah yang diwakili oleh Kominfo juga  berharap agar inovasi berkelanjutan yang berkembang di ranah global tersebut dapat turut diadopsi dan diambil manfaatnya untuk Indonesia, termasuk dengan memberikan tambahan kontribusi pada ekosistem perangkat yang melibatkan industri dalam negeri.

Kapan Wi-Fi 7 Tersedia

Di sisi lain, regulasi penataan frekuensi pun akan terus dikembangkan mengikuti perkembangan teknologi yang akan segera dihadirkan di tanah air ini. Belum ada informasi kapan Wi-Fi 7 akan tersedia di tanah air.

Namun saat ini sudah banyak perangkat teknologi yang mulai menghadirkan dukungan future-proof untuk teknologi Wi-Fi 7 atau yang dikenal sebagai Wi-Fi 802.11be ini. Mulai dari Router, smartphone, laptop dan perangkat gadget lainnya. Secara global, teknologi ini sendiri memang juga baru saja diperkenalkan, jadi mungkin masih butuh waktu untuk teknologi ini diimplementasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *