gadget

Truecaller Bisa Klon Suara Kalian Buat Jawab Panggilan

×

Truecaller Bisa Klon Suara Kalian Buat Jawab Panggilan

Sebarkan artikel ini


Truecaller, sebuah aplikasi untuk mengidentifikasi panggilan, memperkenalkan fungsi baru bernama Personal Voice untuk fitur AI Assistant mereka. Kini pengguna bisa membuat versi AI dari suara mereka untuk menjawab panggilan masuk. Truecaller bekerja sama dengan Microsoft dan memanfaatkan Azure AI Voice dalam menghadirkan teknologi tersebut.

truecaller personal voice

Untuk diketahui, AI Assistant di Truecaller pertama kali diluncurkan pada 2022. Fitur tersebut menawarkan serangkaian kemampuan berbasis AI termasuk menjawab panggilan otomatis, menyaring, menerima pesan, hingga merekam panggilan. Untuk fungsi menjawab panggilan, sebelumnya pengguna hanya bisa memilih tujuh opsi suara digital yang disediakan.

Namun, dengan update terbarunya, pengguna kini bisa membuat klon suara digital mereka sendiri untuk menjawab panggilan secara otomatis. Sama seperti fungsi voice clonning AI lainnya, pengguna perlu merekam suara mereka terlebih dahulu selama beberapa detik dengan skrip yang disediakan untuk menciptakan versi AI dari suara pengguna.

Perlu dicatat bahwa fungsi menjawab panggilan otomatis ini bukan benar-benar menggantikan diri kita dengan AI selama panggilan. AI Assistant bakal menjawab telepon terlebih dahulu untuk kemudian menanyakan maksud dari sang penelpon dan detail lainnya, sehingga pengguna bisa memutuskan apakah harus segera mengangkatnya atau tidak.

Nah, hadirnya Personal Voice tersebut diklaim Truecaller untuk memberikan sentuhan “personal” sehingga sang penelpon tidak merasa berbicara dengan orang lain. Untuk diketahui juga bahwa serangkaian fitur-fitur AI Assistant tadi hanya bisa dinikmati oleh pengguna berbayar dan saat ini baru tersedia untuk beberapa wilayah saja, belum termasuk di Indonesia.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *